Tapping Gitar Neo Klasik



Dalam tulisan kali ini kita akan ulas teknik bermain gitar elektrik. Banyak sekali teknik-teknik bermain gitar elektrik, seperti Picking, Pull of, Hammer on, Slide, Bending, Vibrato, Tapping, dan masih banyak teknik bermain yang lainnya. Tapi dalam tulisan kali ini tidak akan dibahas semuanya. Kita akan focus pada teknik Tapping dengan mencoba mengulas sejarahnya, dan siapa-siapa saja yang biasa memainkan teknik tapping.

Teknik tapping mulai dikenal ketika Edie Van Halen, gitaris Van Halen mulai sering memainkan teknik-teknik tapping dalam lagu-lagunya. Lewat album pertama mereka berjudul “Eruption” yang dirilis pada 1978 Edie mulai memperkenalkan teknik tersebut. Yang unik dari Edie Van Halen ialah dia tidak hanya menggunakan satu tangan saat melakukan tapping, tapi menggunakan tangan kanan dan kirinya, sehingga mengeluarkan suara yang unik.
Kehebatan tapping Edie van Halen terus menjadi buah bibir gitaris dunia. Bahkan permainannya menginspirasi gitaris generasi berikutnya hingga sekarang. Lagu-lagu Van Halen seperti Jump, Panama, Judgement Day, dan masih banyak lagu lainnya, mejadi lagu wajib buat pengikut “aliran” Van Halen ini.

Van Halen kabarnya akan melakukan konser pada 2013. Namun kebenarannya masih menjadi tanda tanya karena belum ada konfirmasi dari sumber resmi. Jika jadi tentu akan memberikan obat penawar rindu buat penggemar mereka.

Tapping memang sudah identik dengan Edie van Halen. Tapi kita tidak tahu bahwa teknik ini sudah ada sejak abad yang lalu. Niccolò Paganini telah memperkenalkannya lewat permainan biola. Ada juga yang menyebut tapping mirip dengan teknik selpe yang biasa digunakan orang Turki dalam memainkan instrumen baglama.

Roy Smeck, seorang musisi yang pandai memainkan istrumen music seperti banjo, guitar, steel guitar, dan spesialis pemain ukulele, pernah memainkan teknik tapping dalam film Club House Party pada 1932. Smeck yang mendapat julukan “Wizard of the Strings”, memainkan teknik tapping dengan dua tangan saat bermain ukulele.

Tercatat juga Jimmie Webster yang pernah membuat rekaman pada 1950 mengulas teknik tapping dua tangan dalam bukunya berjudul ‘Touch Method for Electric and Amplified Spanish Guitar’. Buku ini diterbitkan pada 1952. Teknik tapping dua tangan juga kadang-kadang digunakan oleh musisi pada era 1950-an dan 1960-an. Gitaris jazz seperti Barney Kessel, musisi pendukung musisi Jazz lainnya Emmett Chapman pernah memeragakan teknik tersebut.

Gitaris rock yang disebut-sebut pertama kali menggunakan teknik tapping dua tangan adalah Steve Hackett. Aksi Hackett tersebut bisa didengar dalam lagu “Dancing with the Moonlit Knight” yang dirilis pada 1973, dan “The Return of the Giant Hogweed”, yang dirilis pada 1971. Gaya bermain gitaris Genesis ini menjadi inspirasi bagi para pemain gitar di dunia.

Teknik Bermain Gitar Elektrik Ini Pun Dimainkan Harvey Mandel

Harvey Mandel, gitaris Amerika, ini pun yang dianggap ikut mempopulerkan tapping. Permainan tapping bisa didegarkan dalam album “Shangrenade” yang dirilis pada 1973. Seorang gitaris kawakan yang pernah malang melintang bersama super grup Deep Purple, Ritchie Blackmore, mengaku pernah melihat Mandel memeragakan tapping di night club Whisky a Go Go pada 1968.

Randy Resnick dari Pure Food and Drug Act sering juga memeragakan teknik tapping pada 1969 hingga 1974. Dia menjadi inspirasi buat Eddie van Halen untuk melakukan tapping pada gaya permainannya. Pengakuan Eddie tersebut diungkapkan dalam biografis gitaris asal Belanda tersebut.
Lee Ritenour juga pernah disebut-sebut menjadi pengusung teknik tapping dalam gara bermain gitarnya. Gaya gitaris Jazz yang telah menelurkan 42 album ini ditulis dalam majalah Guitar Player pada Januari 1980.

Gitaris lainnya yang menggunakan teknik tapping pada era 70-an adalah Frank Zappa, Billy Gibbons dari ZZ Top, Brian May dari Queen, Duane Allman dari The Allman Brothers Band, Larry Carlton (Kid Charlemagne 1976), dan Leslie Barat dari Mountain.

Para pemain bass seperti Jaco Pastorius, Billy Sheehan, Victor Wooten, Stuart Hamm, John Myung, Les Claypool, Cliff Burton, Alex Webster, Sean Beasley dan Arif Mirabdolbaghi pernah memeragakan teknik tapping dua tangan ini. Namun kepopulerannya kalah dari para pemain dunia.

Demikian sekilas sejarah perkembangan teknik tapping yang bikin tergiur gitaris untuk memainkannya seperti Edie Van Halen. Semoga bermanfaat. (*)

(dari serbagitar)

No comments:

Post a Comment